Al-Quran Digital Kemenag RI Diperbarui Lebih Lengkap

Home / Berita / Al-Quran Digital Kemenag RI Diperbarui Lebih Lengkap
Al-Quran Digital Kemenag RI Diperbarui Lebih Lengkap Tampilan Qur'an Kemenag (Foto: GooglePlaystore)

TIMESKUPANG, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) terus berupaya mengembangkan layanan kajian Al-Quran berbasis digital, dan kini aplikasi bernama 'Qur’an Kemenag' itu dihadirkan dengan beragam fitur.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ), Muchlis M Hanafi mengatakan jika Qur'an Kemenag adalah aplikasi mushaf Al-Qur’an digital yang dikembangkan demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan mushaf Al-Qur’an yang berbentuk digital.

Aplikasi Qur'an Kemenag ini didasarkan pada Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang telah dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca dan tanda waqafnya sesuai hasil yang dicapai Musyawarah Kerja Ulama Al-Qur’an dari 1974 hingga 1983, dan jadi pedoman bagi mushaf yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia. 

Selain itu, aplikasi ini menggunakan font LPMQ Misbah yang dikembangkan sesuai Unicode Arabic Script dan mengandung huruf standar serta diakritik yang lazim dalam abjad dan numeralia Arab. Font ini didedikasikan khusus untuk penulisan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia sehingga di dalamnya terdapat penyesuaian dan penambahan karakter khas. 

Di dalam apllikasi ini juga ditanamkan terjemahan Al-Qur’an yang disusun oleh tim Kemenag. Terjemahan Al-Qur’an ini diterbitkan pertama kali pada 1965 dan beberapa kali mengalami perbaikan serta penyempurnaan, terutama aspek bahasa yang perlu disesuaikan kondisi kekinian, konsistensi pilihan kata atau kalimat, substansi yang berkenaan dengan makna dan kandungan ayat dan transliterasi. 

Aplikasi ini juga dilengkapi Tafsir Tahlili yang bersumber dari Al-Qur’an dan Tafsirnya terbitan Kemenag. Juga ada Tafsir Ringkas Al-Qur’an Al-Karim hasil kajian tafsir yang disusun secara ringkas, singkat dan padat. Tafsir ini hadir dalam upaya untuk lebih memudahkan umat Islam Indonesia untuk memahami makna dan kandungan Al-Qur’an. 

Untuk memudahkan belajar membaca Al-Quran, aplikasi ini juga menyediakan bacaan atau murattal dari Syekh Mahmud Khalil al-Hushary. "Pada pengembangan Quran Kemenag selanjutnya akan dimasukkan produk-produk LPMQ lainnya secara bertahap, mengingat banyaknya hasil kajian LPMQ yang dibutuhkan masyarakat," jelas Muchlis. 

Anda yang berminat mengunduh Qur'an Kemenag RI ini bisa menuju dua tautan berikut  https://quran.kemenag.go.id/ atau https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quran.kemenag (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com