4 Orang Hilang, 236 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir dan Longsor Pacitan

Home / Berita / 4 Orang Hilang, 236 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir dan Longsor Pacitan
4 Orang Hilang, 236 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir dan Longsor Pacitan FOTO: Dokumen BNPB

TIMESKUPANG, PACITAN – Bencana banjir serta longsor yang melanda wilayah Pacitan, Jawa Timur, Jumat (7/12/2018) menyebabkan 4 jiwa hilang serta memaksa 236 jiwa mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BPNB Sutopo Pureo Nugroho, menyampaikan bahwa telah terjadi hujan dengan intentsitas yang tinggi pada pukul 20.30 WIB menguyur wilayah Pacitan. Sehingga debit air sungai meningkat dan membanjiri pemukiman warga disekeliling aliran sungai.

Rumah penduduk yang terkena dampaknya, seperti desa purwoasri, desa Kayen, desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan dengan ketinggian air antara 30 hingga 50 Cm.

evakuasi-korban-longsor-4.jpg

"Terdampak banjir, dusun jelok, desa Kayen, Kecamatan. Kebonagung, pengungsi di Rumah Warga (217 Jiwa), Dusun Wetih, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, pengungsi di Rumah Warga (4 Jiwa)," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

"Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, pengungsi di rumah Warga (3 Jiwa), dusun jambu, desa aidomulyo, kecamatan kebonagung, pengungsi di Balai Desa Sidomulyo (12 Jiwa)," sambungnya.

Menurut keterangan dilapangan, terdapat empat jiwa saat ini masih tertimbun longsor. Tim dari Basarnas masih melakukan proses evakuasi. Lokasi pencarian dilakukan di dusun jambu, desa sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, 

"Identitas warga yang hilang adalah, Misgiman (L/62), Sogirah (P/46), Bogiyem (P/72), Katinem (P/58," beber Sutopo. 

Penanganan darurat terus dilakukan, BPBD Pacitan menjadi komando untuk melakukan upaya darurat bersama TNI, Polri, dan sejumlah pihak lain. "Basarnas, Babinsa Babinkamtibmas, Tagana, Dinkes, Dinsos, Banser, potensi SAR dan relawan untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir dan longsor. Lebih dari 200 personel terlibat penanganan," kata Sutopo. 

Provinsi Jatim mengirimkan bantuan untuk banjir dan longsor di Pacitan berupa personel tim reaksi cepat BPBD 10 orang, makanan siap saji 300 kaleng, glangsing 2000 lembar, alat kebersihan, baju layak pakai, neras, dan mie Instan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com