Kojic Acid, Terbukti Ampuh Mencerahkan Kulit

Home / Gaya Hidup / Kojic Acid, Terbukti Ampuh Mencerahkan Kulit
Kojic Acid, Terbukti Ampuh Mencerahkan Kulit (FOTO: Glutera.com)

TIMESKUPANG, JAKARTA – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit putih dan cerah, dari mulai menggunakan krim wajah yang dijual di pasaran hingga konsultasi pada dokter ahli. Salah satu bahan pencerah wajah yang dipercaya cukup ampuh adalah asam kojic atau kojic acid.

Asam kojic adalah zat berwarna putih yang menyerupai tepung. Bahan ini terdiri dari kristal-kristal kecil yang diperoleh dari jamur. Penggunaan asam kojic untuk produk perawatan kulit mulai dilakukan sejak tahun 1989. Sebelum dimanfaatkan untuk produk perawatan kecantikan, asam kojic hanyalah hasil sampingan dari proses fermentasi produksi minuman beralkohol sake.

Cara Kerjanya

Senyawa ini digunakan sebagai zat pencerah kulit karena pengaruhnya terhadap protein yang dikenal dengan nama tirosinase. Menurut Dr. Alaina J. James di University of Pennsylvania Medical Center, asam kojic bekerja dengan mencegah fungsi tirosinase spesifik yang disebut chatecolase. Enzim chatecolase ini berperan dalam membuat senyawa melanin. 

Kojic-Acid-2.jpg

Dengan demikian, dengan menghambat kemampuan protein tirosinase untuk membuat melanin, asam kojic mampu mencegah pigmentasi kulit yang dapat membantu mencerahkan warna kulit. Seperti yang diketahui, melanin merupakan pigmen warna yang memengaruhi rambut, kulit, dan warna mata. 

Manfaat Asam Kojic

Di samping mencerahkan warna kulit, bahan ini juga diketahui memiliki manfaat baik lainnya bagi kulit.

1. Antipenuaan pada kulit

Asam ini diketahui dapat memperbaiki kerusakan kulit seperti kulit kusam dan keriput akibat sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu, asam ini bekerja sekaligus untuk menyamarkan bintik-bintik penuaan atau bekas luka. 

2. Antimikroba 

Senyawa ini dapat membantu mengobati jerawat akibat infeksi dan perkembangbiakan bakteri jahat di kulit. Selain itu juga bisa meringankan bekas luka yang ditimbulkan oleh jerawat.

3. Antijamur

Senyawa ini bahkan ditambahkan ke beberapa produk antijamur untuk meningkatkan keefektifannya. Hal ini mungkin berguna dalam mengobati infeksi jamur pada kulit seperti infeksi jamur, kurap, atau kutu air. 

4. Anti hiperpigmentasi

Menghilangkan tanda-tanda hiperpigmentasi, seperti pada bekas jerawat, bercak-bercak akibat penuaan, bintik-bintik, lingkaran gelap di bawah mata, dan noda hitam 

5. Anti melasma

Melasma adalah gangguan kulit yang paling umum pada wanita dengan kulit yang gelap. Pencetusnya bisa berupa paparan sinar matahari berlebih, kehamilan dan penggunaan hormon tambahan, seperti pil KB dan terapi pergantian hormon.

Biasanya, setiap produk kecantikan memiliki reaksi yang berbeda di tiap orang, termasuk asam kojic atau kojic acid. Namun, secara umum diperlukan waktu 2-6 minggu untuk melihat efeknya di kulit Anda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com